merubah dunia lewat kata

Full width home advertisement

Life

Bayi

Post Page Advertisement [Top]

Penggunaan Sarung Tangan Pada Bayi

Penggunaan Sarung Tangan Pada Bayi
 
Sumber : doc. Catatanuswa
Penggunaan sarung tangan pada bayi yang baru lahir, sebenernya perlu gak sih? Sebagai orang tua atau ibu baru, terkadang kita masih bingung bagaimana cara merawat bayi yang benar. Salah satunya adalah penggunaan sarung tangan. Sering kita lihat, bayi-bayi yang baru lahir atau usia beberapa bulan masih menggunakan sarung tangan.  Terkadang kita juga mungkin mendengar saran dari orang-orang di sekitar kita tentang penggunaan sarung tangan. Ada yang menyarankan menggunakan sarung tangan, namun ada pula yang menyarankan untuk tidak menggunakan sarung tangan. Lalu, sebagai ibu, sebaiknya kita pilih yang mana?
Sebelum memutuskan mana yang akan kita pilih, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari penggunaan sarung tangan atau fungsi dari sarung tangan itu sendiri. Sebenarnya sarung tangan bayi ini muncul sudah sejak lama dan sampai sekarang keberadaannya juga masih ada, terutama di took penjualan perlengkapan kebutuhan bayi, dimana biasanya sarung tangan menjadi satu paket dengan kaos kaki. Awalnya, penggunaan sarung tangan ini bertujuan untuk melindungi area wajah, karena biasanya bayi sering menggaruk bagian wajah menggunakan tangan, tidak jarang kulit wajah menjadi terluka karena goresan dari kuku bayi. Meskipun telihat lembut, ternyata kuku bayi cukup tajam, sehingga tidak heran jika terkena goresan kuku bisa menimbulkan luka sayatan.
Namun, sebenarnya tangan merupakan bagian tubuh bayi yang perlu dilatih sensor motoriknya. Dengan menggunakan sarung tangan, secara tidak langsung gerakan tangan bayi akan terganggu, karena bayi tidak dapat bergerak bebas, artinya pergerakan tangan bayi hanya sebatas dan seluas dari sarung tangan itu sendiri. Jadi, bisa dikatakan keberadaan sarung tangan ini mengganggu untuk bayi belajar menggenggam dan lainnya. Belum lagi, jika bayi yang sudah mulai aktif memasukkan jari ke dalam mulut, maka akan terganggu dengan kain dari sarung tangan itu sendiri
Menurut saya, untuk memutuskan menggunakan sarung tangan atau tidak, kita lihat tujuan dari penggunaan sarung tangan. Jika tujuanya untuk melindungi wajah agar tidak terkena kuku bayi, maka kita bisa memotong kuku bayi secara berkala, sehingga kuku bayi tidak berbahaya bagi wajahnya. Sebaiknya, biarkan bayi bergerak bebas, bereksplorasi dan mengasah saraf-saraf motoriknya atau jika ibu ragu, bisa ditanyakan kepada dokter spesialis anak atau dokter yang berkompeten dalam bidangnya.  

1 comment:

  1. Laser-cut PVD colored stainless-steel in custom Bronze for stairs, lift core and architectural detailing by Double Stone Steel in partnership with John Underwear Desmond Ltd. No. 2B is the mill finish, which means it hasn't been further handled. Matte coatings have a dreary appearance and aren't beneficial for aesthetic applications.

    ReplyDelete

Bottom Ad [Post Page]