merubah dunia lewat kata

Full width home advertisement

Life

Bayi

Post Page Advertisement [Top]

Pantai Gesing, Tempat Berburu Sunset Di Gunungkidul

Pantai Gesing, Tempat Berburu Sunset Di Gunungkidul
Sumber : pixabay.com/Pexels

Jalan-jalan ke Jogja, jangan lupa mampir ke Gunungkidul, salah satu kabupaten yang ada di Provinsi DIY. Gunungkidul dikenal dengan daerah tujuan wisata berupa pantai berpasir putih dan berkarang, karena di Gunungkidul terdapat banyak pantai yang saling berjajar dan berdekatan satu sama lain, sehingga tidak heran jika wisatasan bisa merasakan nuansa pantai yang berbeda dalam satu waktu. Ada banyak pantai yang bisa dipilih sebagai tujuan wisata di Gunugkidul, seperti pantai Baron, Krakal, Kukup, Indrayanti, Drini, Ngrenehan, Ngrawe, Wohkudu, Sepanjang, Gesing, dan lain-lain. Pantai Gesing terletak di Desa Girikarto, Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta. Jaraknya kurang lebih 44 km Yogyakarta, dengan jarak tempuh sekitar 2 jam. Akses menuju pantai Gesing cukup menantang adrenalin dengan jalan yang berliku dan turunan tajam. Namun, jangan salah justru disinilah keindahan pemandangan sekitar pantai terlihat menakjubkan, yaitu bukit berkarang yang menjulang tinggi menemani perjalanan menuju bibir pantai. Harga tiket yang ditawarkan juga cukup terjangkau bagi kalangan pelajar, yaitu Rp. 5.000,- per orang dan Rp. 2.000,- untuk biaya parkir kendaraan roda dua.

Keindahan Pantai Gesing


Pantai ini dikelilingi oleh bukit sebagai ciri khas dari pantai Gunungkidul, dimana wisatawan juga dapat melihat keindahan pantai dari atas bukit. Pantai ini juga memiliki fasilitas TPI (Tempat Pelelangan Ikan) sehingga banyak kapal yang bersandar di tepi pantai. Di atas bukit ini juga terdapat banyak spot foto yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk mengabadikan perjalanan wisata di pantai Gesing. Spot foto ini merupakan hasil karya dari para pengelola pantai. Bagi para wisatawan yang mendambakan suasana tenang, pantai ini cocok dikunjungi, karena belum banyak wisatawan yang datang ke pantai ini, sehingga keindahan alamnya pun masih terjaga. Selain itu, air pantai yang jernih dipenuhi terumbu karang menyebabkan banyak ikan hias yang berenang di permukaan.

Aktivitas Di Pantai Gesing


Dilihat dari keindahan yang dimiliki di Pantai Gesing, banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan, seperti berenang atau snorkeling untuk melihat ikan dan terumbu karang. Bagi yang tidak ingin melakukan snorkeling, wisatawan bisa menikmati keindahan suasana pantai di sore hari, jika beruntung bisa menikmati keindahan matahari terbenam atau sunset dengan latar belakang bukit karang dan kapal-kapal nelayan yang bersandar. Bagi para pecinta makanan laut atau seafood juga bisa menikmati olahan seafood di pantai ini atau membeli ikan yang masih segar hasil dari tangkapan para nelayan. Pantai ini juga memiliki tradisi larung yang dilaksanakan setiap tahun pada bulan Suro di kalender Jawa.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]