merubah dunia lewat kata

Full width home advertisement

Life

Bayi

Post Page Advertisement [Top]

Perhatikan Ini Sebelum Membeli Sepeda

Perhatikan Ini Sebelum Membeli Sepeda
pixabay.com/Hin und wieder gibts mal was.

Akhir-akhir ini sepeda menjadi benda yang banyak diminati oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak, dewasa hingga orang tua. Di masa pandemi ini, bersepeda menjadi salah satu alternatif kegiatan untuk sekedar mengisi waktu luang maupun olahraga. Olahraga di masa pandemi ini sangat penting dilakukan, karena dapat meningkatkan sistem imun. Selain itu, banyaknya aktivitas yang belum berjalan, seperti libur sekolah dan bekerja dari rumah menyebabkan banyak orang memiliki waktu luang dan mulai dihinggapi rasa jenuh dengan banyaknya keterbatasan yang ada, seperti hari libur namun tidak bisa liburan. Akhirnya bersepeda ini menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan penat sekaligus mencari keringat. Meningkatnya jumlah pembelian sepeda menyebabkan harga yang ditawarkan ikut naik.  Namun, pada dasarnya pertimbangan dalam membeli sepeda tidak hanya terpaku pada harga, tetapi ada beberapa faktor lain, seperti :

Medan Yang Akan Ditempuh

Sebelum memutuskan untuk membeli sepeda model atau jenis apa, sebaiknya tentukan terlebih dahulu medan yang akan dilalui sepeda tersebut, karena medan yang dilalui akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan dan kenyamanan dari sepeda yang akan digunakan. Beberapa produsen atau brand sepeda menjadikan medan sebagai salah satu kategori dalam menentukan spesifikasi dari sepeda tersebut. Berikut beberapa contoh pemilihan sepeda berdasarkan medan yang akan ditempuh:
  1. Sepeda lipat dan Citybike, sepeda ini cocok digunakan di dareha perkotaan, dimana rintangan yang harus dilalui termasuk dalam kategori mudah dengan berbagai permukaan, seperti jalanan beraspal dan paving. 
  2. Sepeda Gunung atau MTB,sepeda jenis ini cocock digunakan di alam terbuka dengan berbagai medan yang cukup berat, seperti jalan berkelok, berbatu, terjal, dan medan offroad.
  3. Touring bike, sepeda jenis ini cocok digunakan untuk berkendara jarak jauh dengan beban yang cukup berat.
  4. Sepeda BMX dan Dirt Jump,sepeda jenis ini cocok digunakan untuk melakukan berbagai macam atraksi atau freestyle.

    Bahan Yang Digunakan

    Pertimbangan selanjutnya sebelum membeli sepeda adalah bahan frame atau kerangka sepeda. Bahan ini berkaitan dengan berat serta kualitas dari sepeda.  Berikut ini beberapa bahan yang biasanya digunakan pada kerangka atau frame sepeda:
    1. Titanium, merupakan bahan frame terbaik untuk sepeda karena ringan namun dapat mengangkat beban berat dan tahan banting serta anti karat. Bahan ini memiliki ciri-ciri ringan, sangat keras dan kaku.
    2.  Carbon Fiber, bahan ini menggunakan campuran antara serat karbon dan epoxy resin. Hampir mirip dengan fiberglass namun frame ini didesain sangat fleksibel sehingga nyaman digunakan.
    3. Aluminium atau Alloy, frame ini menggunakan campuran metal dengan aluminimum. Cirinya lebih ringan dari baja, tahan korosi dan kuat.
    4.  Chromoly, framae dengan bahan dasar baja yang dicampur chromium dan molybdenum. Frame ini memiliki kualitas yang lebih baik dari baja dan lebih ringan. Biasanya digunakan pada sepeda jenis MTB dan dirt jump.
    5. Baja atau Hi-Ten Steel, seperti namanya bahan frame sepeda ini menggunakan baja. Material ini memiliki ciri berat dan rentan terhadap korosi.

    No comments:

    Post a Comment

    Bottom Ad [Post Page]