merubah dunia lewat kata

Full width home advertisement

Life

Bayi

Post Page Advertisement [Top]

Kunjungi 3 Lokasi Wisata Di Dieng Cuma 20 Ribu

Kunjungi 3 Lokasi Wisata Di Dieng Cuma 20 Ribu
Sumber : catatanuswa.com
Akhir pekan sudah hampir tiba, saatnya merencanakan sebuah liburan, baik sendirian maupun dengan keluarga. Di musim pandemi ini, sudah ada beberapa lokasi wisata yang mulai beroperasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Jika kamu belum punya rencana tujuan wisata, Dieng bisa menjadi salah satu alternatif liburanmu. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena kamu bisa menikmati wisata di Dieng hanya dengan modal 20 ribu rupiah per orang untuk mengunjungi lokasi wisata ikonik di Dieng. 
 
  1. Komplek Candi Arjuna

     
    Tempat  pertama yang wajib dikunjungi ketika liburan ke Dieng adalah Komplek Candi Arjuna. Lokasi ini terletak di Karangasri, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. Tiket masuk ke lokasi wisata ini sebesar Rp. 15.000,- sudah termasuk mengunjungi Kawah Si Kidang.  Kompleks Candi Arjuna terdiri dari beberapa candi, yaitu Candi Arjuna, Puntadewa, Sembadra, Srikandi dan Gatotkaca. Kawasan candi dikelilingi oleh rumput hijau dan dataran tinggi Dieng yang mempesona. Selain itu, wisatawan bisa menikmati atraksi menunggang kuda di area candi. Namun, jika Anda akan berkunjung ke komplek candi, sebaiknya tidak membawa makanan atau minuman kemasan karena akan dilarang oleh petugas. Waktu terbaik berkunjung ke kawasan candi dan kawah adalah pagi hari, sekitar pukul 9 atau 10, karena lokasi ini berada di dataran tinggi sehingga saat siang menjelang sore akan turun kabut yang menghalani pemandangan. Udara di kawasan candi cukup dingin, jadi sebaiknya wisatawan menggunakan pakaian yang tebal.

  2. Kawah Si Kidang

     

    Meski tiket masuk candi dan kawah jadi satu, namun lokasi wisata ini tidak berdekatan. Anda perlu menggunakan kendaraan untuk menjangkau kawah dari komplek candi. Berbeda dengan komplek candi, di Kawah Si Kidang udara cukup panas, karena lingkungan yang terdiri dari bebatuan serta adanya uap panas dari kawah. Kawah Si Kidang terdiri dari beberapa kawah, ada kawah utama yang cukup besar dan kawah lainya yang berukuran lebih kecil. Untuk melihat kawah dari dekat, pengunjung harus berjalan kaki cukup jauh dari pintu masuk. Namun, disini Anda tidak akan merasa bosan karena ada banyak penjual makanan maupun oleh-oleh di sepanjang jalan menuju kawah. Pengunjung hanya diperbolehkan melihat kawah dari luar pagar batas pengaman. Ada atraksi wisata yang unik di lokasi ini, yaitu pengunjung bisa melihat buih-buih seperti air mendidih dan ada beberapa orang yang berada di dalam pagar memasukan telur untuk direbus di dalam kawah, kemudian telur-telur ini dijual kepada pengunjung dengan harga Rp. 5000,- per butir. Selain itu, bagi pengunjung yang memiliki masalah dengan kulit, seperti gatal-gatal juga bisa membeli belerang sebagai obat tradisional. Jangan lupa menggunakan masker karena bau belerang yang sangat menyengat dapat mengganggu pernafasan. 

     
  3. Telaga Menjer

     

    Setelah berpanas-panasan di kawah, perjalanan dilanjutkan ke area hijau yang sejuk, yaitu Telaga Menjer. Di Kabupaten Wonosobo dikenal memiliki beberapa telaga, seperti Merdada, Menjer dan Warna. Jaraknya cukup jauh dari kawasan candi atau kawah, karena kawasan candi dan kawah masih berada di Kabupaten Banjarnegara, sedangkan telaga beraa di Kabupaten Wonosobo. Untuk menikmati pemandangan di telaga, pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 5000,- per orang. Dari pintu masuk, pengunjung sudah disambut dengan hijaunya pengunungan dan air yang telihat hijau karena pantulan pepohonan. Selain itu, ada beberapa spot foto yang cukup instagramable dimana di setiap spot tersebut disediakan kotak amal bagi pengunjung yang ingin foto di area tersebut. Ada yang menarik di telaga ini, yaitu kapal mesin yang cukup besar yang disediakan bagi pengunjung yang ingin menikmati sensasi mengitari telaga. Tarifmenaiki kapal sebesar Rp. 20.000,- per orang dengan perjalanan kurang lebih 30 menit mengitari telaga.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]