merubah dunia lewat kata

Full width home advertisement

Life

Bayi

Post Page Advertisement [Top]

5 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Mencari Pengasuh Untuk Bayi

5 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Mencari Pengasuh Untuk Bayi
Sumber : pixabay.com/sathyatripodi
Hampir semua orang tua tentu dilema dalam menentukan pengasuh yang tepat untuk anaknya. Terlebih ketika kedua orang tuanya sama-sama bekerja. Kalau saya, punya perumpamaan yang mudah dalam menentukan pengasuh untuk anak "Jika kamu memiliki uang senilai 10jt atau lebih, kira-kira kamu percaya gak untuk menitipkan uang teraebut kepada orang itu?". Padahal secara logika dan nurani, nilai seorang anak tentu lebih besar dari nominal itu, bahkan bisa dibilang "Tak ternilai". Selanjutnya, Ada beberapa orang yang berada di sekitar kita yang mungkin bisa menjadi kandidat sebagai Pengasuh yang tepat. 

1. Nenek 

Sumber : pixabay.com/changelinks
Kandidat pertama adalah sang nenek, yaitu ibu kita atau ibu mertua. Tidak diragukan lagi jika nenek merupakan sosok yang sudah mumpuni dalam hal mengasuh atau merawat bayi. Kesabaran serta ketrampilanya sudah tidak perlu diragukan lagi karena mereka adalah orang yang sudah berpengalaman sebelumnya. Namun, Ada Beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika akan memutuskan untuk memilih nenek sebagia pengasuh:
 
  • Fisik Namanya juga nenek, tentu jika dilihat dari segi usia dan fisik sudah tidak muda dan energik lagi. Ada banyak keterbatasan secara fisik, terlebih ketika harus mengasuh bayi dibutuhkan tenaga ektra, karena seiring bertambahnya usia, bayi akan semakin aktif. Sebaliknya, orang tua semakin hari semakin renta. 
  • Pengetahuan Pertimbangan selanjutnya adalah pengetahuan dan cara mendidik. Bisa dibilang kita adalah produk dari orang tua kita. Plus minus yang ada dalam diri kita, salah satunya adalah hasil dari didikan orang tua kita. Jadi, jangan heran kalau nantinya anak kita seperti kita, karena berasal dari didikan dan asuhan yang sama. Sedangkan ilmu pengetahuan tentang pola asuh atau Parenting saat ini sangat berkembang pesat. Ada banyak hal-hal pembaharuan dalam mengasuh dan mendidik anak. Sebagai orang tua, tentu kita tidak bisa memaksa nenek untuk belajar ilmu-ilmu tentang parenting saat ini. Sebagai contoh, pada jaman dahulu bayi lahir beberapa hari sudah diberi makan, saat ini pemberian MPASI diberikan pada bayi usia 6 bulan. Selain itu, dulu MPASI tunggal, buah saja seperti pisang, saat ini MPASI 4 bintang alias menu lengakp dimana ada karbohidrat, protein, lemak, sayur atau buah. Belum lagi dalam mengasuh atau mendidik, pada jama dahulu ketika anak jatuh, ibu akan menyalahkan lantai atau kodok, padahal di era saat ini mengkambinghitamkan benda atau makhluk lain tidak disarankan, akan lebih baik ditenangkan dan dinasehati untuk lebih berhati-hati dalam melangkah.  

2. Pengasuh/babysitter 

Sumber : pixabay.com/ParentiPacek
Kandidat selanjutnya adalah babysitter. Secara ilmu pengetahuan, babysitter lebih berkompeten dibanding ibu kita, karena mereka dibekali dengan pendidikan dan pelatihan sebelumnya. Selain itu, mereka tentu memiliki sertifikat standar tertentu untuk bisa lulus dan dinyatakan siap bekerja. Namun, ada hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih babysitter, yaitu budget atau biaya. Meski cukup mahal, namun biaya yang harus dikeluarkan sebanding dengan kualitas yang didapatkan.   
 
 
 
 

3. Saudara 


Sumber : pixabay.com/Free-Photos
Kandidat selanjutnya adalah saudara. Terlebih ketika hidup dalam satu area dengan keluarga besar, saudara bisa menjadi alternatif pilihan. Namun, perttimbanganya adalah pengalaman dan pola asuh. Apakah saudara kita sudah berpengalaman dalam mengasuh bayi dan bagaimana pola asuh mereka? Hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan anak kita nantinya.
 
 
 
 

4. Tetangga 

Tetangga mungkin salah satu alternatif pilihan dengan pertimbangan dekat, mudah dijangkau dan sedikit banyak kita tentu mengenal mereka. Namun, kenal saja tidak cukup karena kita harus tahu benar bagaimana karkater orangnya, latar belakangnya pendidikan atau pelatihan, pengalaman serta cara mengasuh bayi. Terlebih jika kita akan meninggalkan anak dalam waktu yang cukup lama, akan ada banyak hal atau peristiwa yang mungkin kita tidak tahu. 
 

5. Orang asing 

Kandidat ini bisa menjadi alternatif, tetapi kurang disarankan. Terlebih jika kita tidak mengetahui informasi apapun tentang orang tersebut. Jika direkomendasikan oleh seseorang juga perlu banyak pertimbangan, karena yang akan kita titipkan ini bukan barang atau benda mati tetapi ini malaikat kecil yang hadir dalam hidup kita sebagai amanah dari Yang Maha Kuasa.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]