merubah dunia lewat kata

Full width home advertisement

Life

Bayi

Post Page Advertisement [Top]

5 Wisata Instagramable Gratis di Jogja

5 Wisata Instagramable Gratis di Jogja

Sumber : Instagram/@damayalmda

Long weekend sudah tiba, saatnya liburan nih. Gak usah bingung cari destinasi liburan yang murah tapi gak murahan. Jogja jawabanya. Di Jogja, setiap sudut bisa jadi destinasi wisata. Gak harus mahal, bahkan yang gratis tapi tetep instagramable juga ada, berikut ini beberapa lokasi wisata di Jogja, gratis tapi kece kalau diunggah di akun sosial media. 




Alkid

Alkid alias alun-alun kidul bisa jadi salah satu tujuan wisata saat kamu di Jogja. Alkid atau  alun-alun selatan ini menjadi salah satu icon dari Kota Jogja, dimana alun-alun ini memiliki 2 pohon beringin yang berdiri di tengah dan memiliki mitos siapa saja yang bisa berjalan lurus melewati pohon beringin tersebut dengan mata tertutup, maka keinginanya akan terkabul. Percaya atau enggak, itulah mitos yang berkembang di masyarakat. Di alun-alun ini juga tersedia banyak pedagang makanan yang bisa sekaligus menjadi wisata kuliner. Adalagi, atraksi wisata dengan naik kendaraan yang didesain seperti mobil namun dikayuh seperti sepeda yang dihiasi lampu yang menyala di malam hari. Tempat ini juga cocok untuk keluarga, terlebih yang punya anak kecil bisa berlaian bebas sambil main layangan, gelembung sabun atau juga egrang.


 Tugu

Jogja juga punya Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja. Tugu ini memiliki nilai sejarah tersendiri bagi Yogyakarta. Kini tugu jogja sudah selesai direnovasi dan memiliki wajah baru, dimana daerah ini sudah diklaim sebagai tempat non kabel. Artinya instalasi kabel sudah ditanam sehingga lebih nyaman untuk wisatan. Di sisi sebelah kanan ada bangunan monumen yang tak kalah cantik bisa jadi spot foto yang ciamik. Tugu jogja ini layaknya Monas di Jakarta karena memiliki emas di bagian atasnya. Selain itu, tugu ini juga masih satu garis dengan keraton dan gunung merapi.


Malioboro

Dari tugu jogja lanjut ke malioboro. Disini menjadi salah satu tempat wisata belanja dan kuliner, wisatawan bisa berbelanja produk fashion, aksesories juga makanan khas jogja sebagai buah tangan atau bisa juga menikmati sajian kuliner khas jogja dengan pemandangan malioboro. Saat ini, malioboro juga sudah banyak berbenah, banyak fasilitas yang disediakan untuk mendukung pariwisata, hampir di setiap sudut bisa menjadi spot foto yang apik. Selain itu, di malam hari wisatawan bisa bebas berjalan tanpa ada halangan karena mulai pkl. 18.00 lokasi ini menerapkan aturan car free day sehingga tidak ada kendaraan lalu lalang disana. Di malam hari, wisatawan juga akan disuguhi hiburan dari para musisi jalanan yang mulai beraksi. Disini, wisatawan juga bisa menaiki andong untuk menyusuri kota jogja.


Titik nol

Lanjut dari malioboro ke arah selatan menuju titik nol atau nol km. Disini juga ada beberapa titik yang bisa dijadikan spot foto, mulai dari monumen sebelas maret, Kantor pos, atau pinggir jalan dengan baground perempatan jalan raya dan bangunan bersejarah. Siang hari, wisatawan bisa sekaligus mengunjungi museum benteng vedreburg sedangkan di malam hari, wisatawan bisa menikmati suasana malam atau bahkan pertunjukan seni di depan monumen sebelas maret.


Jokteng /Pojok Benteng

Beralih ke bangunan sejarah lain, yaitu jokteng atau pojok benteng. Letaknya tidak jauh dari alkid atau alun-alun kidul. Disini, wisatawan visa menikmati pemandangan kota Jogja dari atas. Terlebih di waktu-waktu tertentu, bisa juga menikmati senja yang indah dan mengabadikanya. 

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]