merubah dunia lewat kata

Full width home advertisement

Life

Bayi

Post Page Advertisement [Top]

3 Tempat Liburan Gratis Di Jogja, Anak-anak Pasti Suka

Jogja emang gak ada matinya. Terlebih wisatanya, hampir setiap sudut bisa jadi tempat wisata. Apalagi saat ini, tempat wisata ada dimana-mana, mulai dari yang berbayar sampai yang gratis pun ada. Dari kota sampai pelosok juga ada tempat wisatanya. Tapi setiap tempat wisata memiliki kelebihan masing-masing. Tidak semua tempat wisata ramah untuk anak. Hal ini penting menjadi bahan pertimbangan orang tua untuk memilih tempat wisata yang ramah anak. Setiap orang tua pastinya ingin memberikan pengalaman liburan yang syarat dengan edukasi atau media pembelajaran bagi si buah hati. Berikut ini beberapa lokasi wisata edukasi untuk anak yang pastinya GRATIS, jadi gak akan menguras kantong:

  • Bendung Lepen

Ikan. Siapa sih yang gak suka sama hewan yang satu ini. Terlebih anak-anak. Bentuknya yang lucu saat berenang dan warnanya yang beraneka membuat siapa saja yang melihatnya jadi ingin memilikinya. Berlokasi di Kampung Mrican, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta,ada sebuah tempat wisata bernama Bendung Lepen. Bendung Lepen ini pada dasarnya merupakan aliran irigasi yang berasal dari Sungai Gajah Wong yang berada di dekatnya, awalnya saluran irigasi ini sangat kotor, kemudian oleh masyarakat dibersihkan dan diberi ikan hingga akhirnya ikan ini tumbuh besar dan banyak jumlahnya. Saat ini, tempat wisata ini telah dikenal oleh banyak orang. Disini wisatawan bisa melakukan beberapa aktivitas, salah satunya adalah memberi makan ikan dengan membeli pakan ikan (pelet) seharga Rp. 2000,-. Selain itu, wisatawan juga bisa membeli ikan dengan berbagai ukuran dan jenis, beberapa ikan yang dijual antara lain ikan nila, lele dan patin. Disini, pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner sembari melihat ratusan ikan berengan di saluran irigasi ini. untuk menikmati itu semua, pengunjung tidak dikenakan tarif tiket masuk, hanya dikenakan biaya parkir seikhlasnya saja.

  • Pasty

Tempat yang satu ini sudah dikenal di Jogja sebagai salah satu tempat penjualan hewan-hewan. Tempat ini bisa menjadi sarana wisata keluarga yang ramah untuk anak-anak, karena disini anak-anak dapat mengenal berbagai macam flora dan fauna layaknya mini zoo. namun, tentunya, jumlah dan variasi dari tanaman dan hewan disini terbatas. Kebanyakan binatang yang dijual di pasar ini merupakan binatang peliharaan, seperti kucing, anjing, burung, ikan, kelinci, dll. Selain itu, bagi pecinta tanaman hias, disini juga banyak dijumpai pedagang tanaman hias dan kebutuhan berkebun. Beberapa tanaman hias yang ada disini antara lain bunga mawar, angrek, dan banyak bunga-bunga yang sedang viral. Untuk memasuki area Pasty ini, pengujung juga tidak dikenakan tarif tiket masuk, hanya membayar tarif parkir sesuai jenis kendaraan saja.

  • Alun-Alun Selatan (Alkid)

Tempat wisata selanjutnya adalah Alun-alun Selatan atau orang biasanya menyebutnya Alkid (Alun-alun Kidul). Anak-anak biasanya menyukai tempat yang lapang, seperti alun-alun ini, dimana mereka bisa bebas berlari kesana-kemari. Pada dasarnya tidak hanya anak-anak saja, orang tua bahkan semua kalangan juga menyukai tempat yang satu ini, dimana alun-alun ini masih berada di dalam benteng dengan nuansa Keraton yang cukup kental. Disini, wisatawan dapat melihat pemandangan jogja yang lebih luas namun masih di dalam Kota. Selain itu, disini juga banyak sekali penjual mainan untuk anak-anak, seperti layangan, gelembung sabun yang pasti anak-anak akan suka. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati keliling alun-alun dengan sepeda yang didesain seperti mobil yang dikayuh serta ada lampu warna-warni sebagai hiasanya. Untuk urusan kuliner, disini banyak sekali penjual makanan dengan harga yang sangat terjangkau. Waktu yang paling tepat mengunjungi alun-alun ini adalah ketika sore hari yang cerah. Disini, pengunjung juga hanya membayar parkir kendaraan saja.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]