merubah dunia lewat kata

Full width home advertisement

Life

Bayi

Post Page Advertisement [Top]

5 Hewan Peliharaan Ramah Anak, Jangan Asal Pilih Bunda!

5 Hewan Peliharaan Ramah Anak, Jangan Asal Pilih Bunda!

Memiliki hewan peliharaan bisa menjadi salah satu kegiatan yang positif, terebih bagi anak-anak. Menurut sebuah penelitian, ada banyak manfaat ketika seorang anak berinteraksi dengan hewan peliharaan. Selain menanamkan rasa tanggungjawab, memelihara hewan juga bisa menumbuhkan rasa empati dan kasih sayang antara manusia sebagai tuan dan hewan sebagai peliharaan. 

Namun, tidak semua hewan bisa menjadi hewan peliharaan yang ramah bagi anak-anak. Tentunya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih hewan peliharaan untuk anak-anak, salah satunya adalah keamanan. Berikut ini beberapa hewan peliharaan yang ramah untuk anak menurut Catatan Uswa:


1. Ikan 

Ikan menjadi salah satu hewan yang disukai oleh anak-anak, karena bentuk dan warnanya yang sangat lucu. Ikan bisa menjadi salah satu pilihan peliharaan untuk anak-anak karena hewan ini tergolong mudah untuk dirawat, tidak memerlukan keahlian khusus dan tidak membahayakan bai anak-anak. Selain itu, salah satu kegiatan yang menarik dan banyak disukai oleh anak-anak adalah memberi makan ikan, disini kita sebagai orang tua akan mengajarkan rasa peduli terhadap hewan karena hewan juga membutuhkan makanan untuk hidup. Ada banyak jenis ikan hias yang bisa dipelihara untuk anak-anak, seperti ikan Cupang, Molly, Guppy, Lemon, Golden black, Komet dan lain-lain. 

2. Kucing 

Kucing, siapa sih yang gak suka dengan hewan satu ini? Terlebih anak-anak, biasanya mereka menyukai hewan yang satu ini. Kucing tergolong sebagai hewan rumahan yang ramah dengan anak. Bahkan dibeberapa video, kucing bisa menjadi penjaga sekaligus teman bermain bagi anak-anak. Namun, sebelum memutuskan untuk memelihara kucing, sebaiknya Anda memastikan apakah anak Anda memiliki alergi terhadap bulu kucing atau tidak. Selain itu, dalam memlihara kucing diperlukan perawatan khusus untuk menjaga kebersihan kucing tersebut, seperti mandi, grooming dan membersihkan kotoran secara teratur. Ada beberapa jenis kucing yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah, seperti kucing Persia, Anggora, Shorthair, Ragdoll, Siam, Scottish fold dan lain-lain.

3. Kelinci 

Kelinci menjadi satu diantara hewan yang bisa dijadikan sebagai peliharaan untuk anak-anak, karena hewan ini terlihat lucu, imut dan menggemaskan. Bentuk tubuhnya yang cenderung bulat, telinga yang panjang serta cara berjalan dengan melompat-lompat cukup menarik perhatian bagi anak-anak. Selain itu, hewan ini tergolong jinak dan tidak membahayakan. Perawatanya pun cukup mudah,karena hewan ini tidak perlu mandi dan grooming, sehingga pemilik hanya perlu menjaga kebersihan kandang dan nutrisi makananya. Ada beberapa jenis kelinci yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan, seperti kelinci Rex, Dutch, Lion, Holland Loop, dan lain-lain.

4. Kura- kura 

Hewan peliharaan lain yang aman untuk dipelihara adalah kura-kura. Hewan reptil ini tergolong jinak dan mudah dalam perawatan. Hewan ini cukup disukai oleh anak-anak karena unik dan lucu. Selain jalanya yang lambat, hewan ini juga mengalami pertumbuhan yang lambat namun memiliki umur yang panjang, sehingga tidak heran jika memelihara hewan ini bisa sampai bertahun-tahun lamanya.  

5. Anjing 

Anjing bisa menjadi salah satu hewan peliharaan yang cocok untuk anak-anak. Namun, memilih anjing yang tepat menjadi salah satu hal yang penting sebelum memutuskan untuk memeilihara anjing, karena tidak semua anjing itu jinak dan ramah untuk anak. Meskipun anjing dikenal sebagai hewan yang setia, tidak ada salahnya Anda memilih jenis anjing yang tergolong jinak seperti Golden Retriever, Beagle dan lain-lain. Akan lebih baik ketika memilih anjing, Anda berkonsultasi terlebih dahulu, dan sebaiknya memelihara anjing ketika umurnya masih kecil sehingga lebih mudah untuk dilatih. Hampir sama dengan kucing, anjing juga membutuhkan perawatan khusus terkait kebersihan dan kesehatanya. 


Jadi pastikan, apapun hewan yang Anda pilih sebagai peliharaan anak, sesuaikan dengan kebutuhan dan karakter anak, karena masing-masing hewan memiliki keunikan tersendiri. 









No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]